Followers

Friday, January 28, 2011

LOKAKARYA KOMPUTASI DALAM SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR


LOKAKARYA KOMPUTASI DALAM SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR 
Dewasa ini banyak eksperimen yang tidak dapat atau sulit dilakukan secara langsung karena terlalu berbahaya atau eksperimen yang menuntut sarana canggih sehingga mahal bagi negara berkembang untuk merealisasikannya. Dengan adanya komputer yang makin canggih sejak 1960-an, berkembang ilmu komputasi dan simulasi komputer sebagai suatu eksperimen numerik terhadap suatu model atau tiruan sistem yang efektif dan relatif murah. Komputasi, pemodelan dan simulasi telah membantu mencari solusi masalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang sulit. Tidak semua masalah dapat dibuat rumus matematiknya yang pasti dan eksak, maka berkembang Soft computing sebagai bagian dari ilmu komputasi yang menggunakan cara fikir manusia sebagai model untuk menyelesaikan masalah yang penuh dengan ketidak pastian, ketidak akuratan maupun kebenaran parsial data yang diperoleh. Kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menjadi forum ilmiah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan sebagai media tukar menukar informasi dalam bidang komputasi dan teknologi informasi untuk penguatan litbang di Indonesia.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup dari lokakarya ini meliputi aspek yang berhubungan dengan ilmu komputasi, pemodelan, simulasi, pengolahan, data dan sistem informasi:
1. Teori dan Metode Komputasi.
Analisis numerik, Matematika Terapan, Statistika Terapan, Probabilitas Terapan, Penyelesaian Diferensial Parsial Nonlinier, Matematika Diskrit, Struktur Data, Pengolahan Paralel, Komputer Optik, Komputer Kuantum, Algoritma, Pemrograman, dll.
2. Soft Computing. 
Jaringan Syaraf Tiruan, Logika Fuzzy, Simulated Annealing, Probabilistic Reasoning, Algoritma Genetika, Chaos theory, Bio Informatika, Teoari Permainan, dll.
3. Aplikasi Komputasi, Pemodelan dan Simulasi. 
Komputasi Neutronik, Komputasi Termalhidroulik, Pengolahan Citra, Pemodelan Iklim, dan Cuaca, Simulasi Monte Carlo, Simulasi Dinamika Molekular, serta Komputasi, Pemodelan dan Simulasi di bidang Fisika, Kimia, Geologi, Teknik, Industri, dll.
4. Teknologi Komunikasi dan Informasi. 
Smart Wireless IP, Pengembangan Perangkat Wimax, Gigabit Ethernet Passive Optical Network, Teknik Pencarian Data, Pengembangan Aplikasi Berbasis Open Source, GIS, Sistem Penunjang Kepuasan, Manajemen Pengetahuan, Teknik Multimedia, dll.

 

No comments:

Post a Comment